00.SUKMA UTAMA
Seni

SUKMA UTAMA

00. SUKMA UTAMA

disusun oleh St.Wid

Pada mulanya dijagat raya ini hanyalah ruang kosong belaka. Tidak ada makhluk maupun benda apapun. Ruang kosong begitu sunyi, hanya satu sukma putih cemerlang beraura pelangi namun tidak menyilaukan, yang menikmatinya. Entah sudah berapa lama hingga sukma tersebut berfikir untuk mengakhiri kesendirannya.

Sukma adalah roh yang bisa berfikir, berkemauan, dan bergerak namun tidak memiliki jiwa (maka tidak bisa menjadi tua) dan raga (sehingga tidak perlu makan maupun minum juga tidak kawin mengawin) jadi hidup abadi.

Mulailah diciptakan sukma lain hanya dengan bersabda. Beliau menyebut ciptaannya sebagai Sukma Agung dan para Sukma Agung menyebut beliau, Sang Pencipta. Disebut Sukma Agung karena mereka adalah para roh dan menjadi yang terutama atau agung. Walaupun Sukma Agung memiliki hampir setara kekuatan pikir Sang Pangeran namun tidak mampu menggandakan diri, tidak diijinkan.

Kemudian penciptaan berlanjut dengan penciptaan Jagat Raya dan pembenihan kehidupan. Setelahpembenihan berhasil, kehidupan mulai menggeliat, Sukma Maha Agung atau Sang Pencipta yang sering menyatakan diri sebagai Sang Purwa Wasana menjadi gelisah akan tingkah laku makhluk berjiwa-raga yang makin tidak terkendali, banyak yang terbawa nikmatnya hawa nafsu.

Agar mudah mengawasinya, Sang Pencipta kemudian menggandakan diri menjadi 31 sukma yang identik, serupa dengan dirinya sendiri dan semua disebut sebagai Sang Dum Adi, dari kata Dum berarti turunan, dan Adi berarti besar sekali, jadi Dum Adi bisa berarti keturunan yang mahabesar. Masing-masing ditugasi menjaga 31 benua di jagat raya, dan yang ditugasi menjaga benua Mahabumi sering dipanggil dengan Sang Pangeran.

Mahabumi satu-satunya benua di pusat Jagat Raya yang sangat unik karena pengaruh magnet semesta yang teramat kuat. Untuk membantu tugasnya, Sang Pangeran Sang Dum Adi lalu menciptakan sepuluh Sukma Utama kemudian membangun dan tinggal di khayangan Marcapada.

Sukma Utama adalah para sukma yang bersinar putih keemasan mewarisi 98% kemampuan pikir Sang Pangeran. Tujuh sukma utama di lingkar luar Sang Pangeran, lihat di miniseri 02.

Tiga Sukma Utama di lingkar dalam bersentuhan langsung dengan Sang Pangeran. Dua Sukma Utama sebagai asisten pribadi Kananil dan Kirinil yang langsung bertindak sesuai kehendak Sang Pangeran. Serta satu sukma utama bernama Ngajijil sebagai ajudan dan jurubicara Sang Pangeran karena daya ingatnya sangat luar biasa, apa pun sabda Sang Pencipta pasti diingat hingga rinciannya maka apa kata Ngajijil adalah juga sabda Sang Pangeran.

Nah selanjutnya kita akan mulai cerita SUKMA UTAMA dalam mini seri- mini seri dari sekuel wayang purwa sebelumnya yaitu dari Sekuel ‘MARCAPADA’

Tetap semangat menikmati wayang mini seri dari Sekuel 0 MARCAPADA

Jangan lupa sering cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan jaga jarak jika berhubungan dengan yang lain ditempat umum.

Selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.