23 Batara Bayu & Sumi
Seni

BATARA BAYU & SUMI

23. BATARA BAYU & SUMI

Wayang Purwa kali ini menceritakan Batara Bayu, putera keempat Batara Guru, lahir dengan perlambang angin karena pada saat kelahirannya sedang terjadi prahara badai topan yang sangat dahsyat.

Sebagai Dewa Angin juga sering disebut Sang Pawana

Batara Bayu atau Sang Pawana memiliki gelar dewa angin, selain kesaktiannya terhadap angin, Batara Bayu juga menjadi dewa bagi para hewan, raksasa dan manusia.Salah satu ilmu yang dimiliki Bayu sebagai dewa angin yaitu mengeluarkan angin puting beliung untuk menyerang lawannya (dalam kepercayaan Hindu)

Pawana adalah bahasa Sansekerta, yang berarti atau bermakna angin, seperti nama Bayu itu sendiri.

Batara Bayu tinggal di khayangan Panglawung menikah dengan Batari Sumi puteri Batara Soma cucu SH Pancaresi cicit SH Darmajaka Wening, punya empat putera: Batara Sumarma, Batara Sangkara, Batara Sadarma, dan Batara Bismakara.

Pernah memberi anugerah berupa busana kasatrian pada Arya Bima saat masih berada sebagai bungkus setelah dilahirkan Dewi Kunti. Juga mengangkat dua orang golongan putera Bayu (kera Hanuman, gajah Setubanda, ular Nagakuawara, garuda Mahambira, begawan Maenaka, raden Wrekudara) sebagai murid yaitu Anoman dan Wrekudara, dengan kuku Pancanaka sebagai tanda murid Bayu kecuali Dewa Ruci bukan murid Bayu.

Secara biologis Batara Bayu adalah ayah Raden Bima (Bayuputra) yang dipanggil Dewi Kunti dengan aji Adityah-redaya, mantra penarik dewa.

Batara Bayu pernah turun ke dunia menjadi Prabu Bima raja Medang-goro dengan patih Boma / Suksena dan penasehat Susrana.

Batara Bayu merupakan leluhur para raja di Cempala / Pancala.

Nah itulah sekelumit cerita wayang Purwa mengenal Batara Bayu ya Dewa Angin atau Sang Pawana.

Jangan lupa ikuti terus Wayang Purwa mengenal budaya kita yang sarat akan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia

Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tanggal 17 Agustus 2021. Semoga Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Merdeka dari kebodohan , Merdeka dari Covid 19, Merdeka untuk tumbuh dan berkembang.

Tetap semangat memakai masker,cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan ya. I love you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.