Keturunan Batara Surya
Seni

KETURUNAN BATARA SURYA

31. KETURUNAN BATARA SURYA

KETURUNAN BATARA SURYA , sekuel ini agak sulit mendapatkan karya sumbernya, tapi setidaknya ada beberapa catatan tentang keturunan Batara Surya.

Batara Surya dengan Batari Prati punya putra Batara Rawiatmaja.

Batara Rawiatmaja menurunkan Batara Karaba.

Batara Karaba menurunkan Batara Dewangkara.

Batara Dewangkara menurunkan Batara Dewanggana.

Batara Dewanggana punya dua putra Resi Dewasana dan Resi Dewatama.

Nah putra Resi Dewasana, cucunya Batara Dewanggana ini yang nanti akan diasuh pertama kali oleh Semar Badranaya yang selalu tampil di pewayangan.

SH Ismaya digembleng ilmu kebatinan oleh SH Tunggal sebagai persiapan menjadi pengganti SH Tunggal (Sesulihingsun) di Madyapada. Ketika tiba saatnya SH Tunggal mempersilahkan SH Ismaya untuk memilih menitis pada siapa? Dari olah batin SH Ismaya tampaklah sosok yang cocok untuk menjalani tugasnya yaitu cucu sulungnya sendiri Batara Smarasanta, putra Batara Bongkokan putra sulung SH Ismaya.

Dengan sabda sakti SH Tunggal maka SH Ismaya menitis ke Batara Smarasanta  menjadi Semar Badranaya. Berkaca pada sang kakak SH antaga, oleh SH Wenang, Togog yang diberi teman Bilung. Maka Semar juga minta teman. Dari bayangan Semar disabda oleh SH Tunggal menjadi sosok yang dinamai Bawor, atau Bagong yang biasa kita kenal sekarang.

Sebagai tugas pertama, Semar dan Bawor mengasuh titisan Batara Wisnu putra Resi Dewasana yang bernama Raden Heriya hingga menjadi raja Mahespati lama kemudian berlanjut ke keturunannya: Kertawirya lalu Arjunawijaya hingga melompat ke Regawa, Sri Rama.

Baru akan ketemu Gareng dan Petruk setelah mengasuh keturunan Resi Parikenan.

Sabar dan tetap berkarya meskipun masih dirumah, pastilah tak lama lagi kegiatan akan berlangsung seperti biasa hanya masih dibutuhkan sedikit usaha untuk kesehatan kita dan sesama.

Tetap semangat melewati masa pandemi Corona 19 dengan tetap menjaga prokes , memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, hindari kerumunan dan tetap gembira menjalani semua dengan ikhlas saling membantu sesama. Semoga kehidupan berseri kembali menjadi lebih baik lagi.

Jangan lupa ikuti lanjutan Wayang purwa minggu depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.