BATARA KUWERA & SUMAREKI
Seni

BATARA KUWERA & SUMAREKI

26. BATARA KUWERA & SUMAREKI

Batara Kuwera adalah putera ke tujuh SH Ismaya dengan Sang Senggani yang tinggal di khayangan Gudapala bersama sang istri Batari Sumareki. Bersama Batara Cakra menjadi sekretaris / juru tulis hasil sidang para dewa kala menyusun Jitabsara.

Batara Kuwera adalah lambang kesejahteraan dan kemanusiaan. Ia bertugas memberi petunjuk, fatwa, pahala, perlindungan dan pertolongan kepada manusia di marcapada. Oleh karena itu tidak aneh jika dalam pedalangan Batara Kuwera disebut juga sebagai Dewa Kekayaan.

Juga Arsitek Khayangan yang terbukti telah membangun khayangan dan istana kerajaan seperti Alengka Diraja serta Indraprasta. Saking kayanya sampai dicemburui Prabu Duryudana raja Astina. Puncak karyanya adalah Sabhalumaksana [semacam karavan] yang menjadi Khayangan Batara Yamadipati [sang kakak] setelah legawa melepas istrinya Batari Mumpuni.

Pernah menitis pada Brahmana Sutiksna kala memberi wejangan ilmu Astabrata pada Raden Ramawijaya.

Melerai pertikaian Hanuman dengan dua raksasa penjaga Taman Andana [Ditya Wirupaksa dan Wirukampaa] saat ditugaskan mengambil bunga Tunjung Sugandika. Pengalaman Hanuman ini ditularkan saat bertemu adik bayunya Raden Wrekodara.

Juga pernah menitis pada Resi Lomosa ketika mendampingi satria Pandawa yang dikucilkan di hutan selama 12 tahun akibat kalah main dadu.

Bagi umat Hindu di India Dewa Kuwera dipuja sebagai Dewa Uang, Bendahara Khayangan atau Bankir Surgawi dengan mantra Gayatri, Om Shreem, Om Hreem, Shreem, Hreem, Kleem, Shreem, Kleem, Vitesvara-ay namah.” Mantra memohon rejeki dan keberuntungan tersebut diucapkan minimal tiga hingga 108 kali. Namun umat Hindu di Bali menggantikan Batara Kuwera dengan Batara Sri Sedana suatu kearifan lokal dengan mantra, Om Sridhana Dewika Ramya Sarwa Rupawati Tatha Sarwa Jnana Maniscaiwa Sri Sridewi Namo’stute. Artinya: Hyang Widdhi, dalam kuasa-Mu sebagai Sridhana, pemberi kemakmuran, rejeki dan harta benda, Semua wujudMu sangat mempesona. Semua Pengetahuan berasal dari-Mu. Sri-Sridewi yang maha suci, hamba memujaMu.

Nah sahabat yang menyukai Wayang kita menjadi tahu tentang Kadewan, di cerita BATARA KUWERA & SUMAREKI ini tentu masih banyak yang belum kita ketahui. Silahkan berselancar untuk menambah wawaran tentang Wayang Purwa.

Yang pasti ikuti terus kelanjutannya di #WayangPurwa ini ya

Jangan lupa tetap semangat meskipun di rumah .

Salam Seroja sehat rohani dan jasmani. Yuk kita tunggu ….CUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.