Indulgensi Penuh
Kabar Gembira

Indulgensi Penuh

Indulgensi Penuh adalah penghapusan seluruh hukuman (siksa dosa) bagi orang yang sudah meninggal atau arwah yang ada di api penyucian ( purgatory ) atau dapat juga bagi orang yang masih hidup didunia ini dengan syarat-syarat khusus. Semua orang katulik mempercayai bahwa semua orang beriman berada di purgatorium ini ketika meninggal . Mereka akan dimurnikan di api penyucian sebelum naik ke Surga. Karena Surga adalah tempat bagi mereka yang benar-benar telah suci atau kudus.

Ketika kita mati, detik itu juga roh kita diadili oleh Yang Maha Kuasa. Bagi yang jahat melanggar 10 perintah Allah atau dosa besar dan belum sempat bertobat ya di neraka. Yang melakukan dosa- dosa ringan dan belum sempat bertobat juga harus dimurnikan dulu untuk masuk ke Surga. Dan bagi orang-orang yang hidupnya suci atau kudus bisa langsung masuk Surga bahkan ada yang diangkat sejiwa raganya, seperti: Bunda Maria dan nabi Elia. Sedang kan para kudus seperti Santo dan Santa, mereka sudah memurnikan jiwanya selama mereka hidup sehingga hanya sebentar di Purgatorium lalu masuk Surga.

Nah jika kita memiliki orang-orang yang kita kenal dan kita cintai yang sudah meninggal maka kita berharap mereka dapat masuk Surga. Maka tidak ada jeleknya kita selalu mendoakan supaya mereka diringankan syukur-syukur dihapuskan dosanya sehingga cepat masuk surga.

Pada bulan November, Gereja Katulik mengagendakan sebagai bulan Arwah. Bulan yang dipakai untuk mendoakan para arwah. Untuk tanggal satu sampai dengan tanggal 8 November berdoa bagi saudara kita yang sudah meninggal supaya mendapatkan keringanan atau penghapusan hukuman penuh di Purgatori.

Doa Indulgensi Penuh.

Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin.

Bapa yang maha rahim, percaya akan kasih-Mu yang tanpa batas, bersama seluruh Gereja-Mu, pada hari ini kami mohon dengan sangat lepaskanlah (nama=nama yang didoakan). dari segala hukuman atas dosa -dosa mereka. Perkenankanlah mereka semua memasuki hidup abadi yang terang dan bahagia di Surga mulia, dan perkenankan mereka memandang kemuliaan cahaya wajah-Mu. Ini semua kami mohon di dalam Kristus PutraMu dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Aku Percaya ….(1X)

Bapa Kami….(1X)

Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

Inilah Link Youtube yang bisa disetel ulang tentang katekese tanggal 1 November s.d 8 November 2020. KLIK Bagian yang berwarna merah akan ngelink videonya.

  1. KATEKESE 1 NOVEMBER 2020 “HARI RAYA SEMUA ORANG KUDUS” oleh Romo Yosep Susanto.
  2. KATEKESE 2 NOVEMBER 2020 “INDULGENSI PENUH BAGI ARWAH YANG KITA DOAKAN” : Oleh : Rm. Sridanto Aribowo
  3. KATEKESE 3 NOVEMBER 2020 “AKHIR ZAMAN MENURUT GEREJA KATOLIK” : Oleh : Rm. Felix Supranto, SS.CC
  4. KATEKESE 4 NOVEMBER 2020 KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN” : Oleh : Mgr. Adrianus Sunarko, OFM
  5. KATEKESE 5 NOVEMBER 2020 “KEMURAHAN HATI ALLAH DI DUNIA DAN DI AKHIRAT : Oleh : Rm. Suhardi Antara
  6. KATEKESE TGL 6 NOVEMBER 2020 “KEBANGKITAN BADAN & KEHIDUPAN KEKAL DALAM CREDO” : Oleh : Rm. Rudi Hartono
  7. Katekese 7 NOVEMBER 2020 “SURGA MENURUT INJIL” bersama Mgr. Agustinus Agus.
  8. KATEKESE TGL 8 NOVEMBER 2020 “NERAKA MENURUT INJIL” oleh Rm. Adrian Adiredjo, OP

Tetap semangat berdoa dan percaya bahwa Tuhan Maha Rahim .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.