Daun Salam
Hidup Sehat

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam adalah membicarakan bagian dari tanaman Salam yang biasa digunakan daunnya sebagai bahan rempah atau bumbu masakan. Daun ini juga bisa sebagai tanaman herbal atau tanaman yang bisa dipakai untuk obat sebagai alternatif. Daun yang masih segar maupun sudah kering tetap bisa dipakai untuk keperluan masak atau herbal.

Tanaman Salam, nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum. Termasuk ke dalam Kelas Magnoliopsida yaitu tumbuhan berbunga dan berbiji belah (dikotil). Bijinya berwarna coklat kehitaman bila sudah masak, bentuknya kecil-kecil. Rasanya manis agak sepet. Daun Salam dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay- leaf atau Indonesian Laurel. Untuk daerah Jawa, Sunda dan Madura namanya Salam sedangkan di Sumatra orang menyebutnya Meselengan

Kebanyakan masakan Indonesia sering menambahkan dengan bumbu daun Salam ini. Karena masakan menjadi lebih sedap. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering ataupun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang. Rempah ini memberikan aroma herbal yang khas namun tidak keras. Contoh masakan yang menggunakan daun Salam agar terasa lebih mantap dan gurih, adalah: Gudeg, Baceman, Bubur, Nasi udug, Nasi Kuning, Nasi Megono, Rendang, Opor, Terik, Sambal Goreng, Pepes, Bobor, dan lain-lain. Juga bisa untuk mewarnai Telur rebus sehingga kulit telur rebusnya beraroma harum dan berwarna agak coklat berbeda dari biasanya, hanya dengan rebusan telurnya ditambah beberapa lembar daun salam.

Manfaat Daun Salam untuk kesehatan:

  • Sebagai Healing and Aromateraphy dupa daun salam dengan cara dibakar daunnya sehingga sedikit asap aroma memenuhi ruangan yang dapat menenangkan pikiran dan membuat suasana nyaman.
  • Melancarkan pencernaan. Daun Salam yang kering dibuat teh untuk diseduh, minum teratur mengatasi sembelit, mulas , perut kembung.
  • Merawat mimisan. Setelah mimisan disarankan minum teh daun Salam.
  • Steam wajah untuk kulit lelah. Rebus 5 lembar daun Salam dengan 2 gelas air sampai mendidih kemudian uap airnya dipakai untuk facial face.
  • Sakit Kembung, maag, nafsu makan hilang. Rebuslah 5 lembar daun Salam , 1 ruas jahe, dan 1 batang sereh dalam 200 ml air. Boleh ditambahkan madu untuk rasa dan nutrisi ekstra. Minum air rebusannya 2 kali sehari.
  • Asam Urat. Rebus 25 lembar daun Salam dengan 500 ml air sampai  mendidih dan volume berkurang menjadi separonya lalu minum selagi hangat 2x sehari.
  • Daun Salam segar

Nah sekarang kita tahu resep herbal nenek moyang kita. Ternyata Daun Salam tidak berbahaya untuk dimakan dan diminum, bahkan sangat baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Sobat ku semua mari kita menjaga alam sekitar kita dengan melestarikan tanaman -tanaman yang berguna bagi hidup dan lingkungan kita tetap asri dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.