KD 4.2 Kelas 8
English Corner

KD 4.2 Kelas 8

KD 4.2 Kelas 8, adalah tagihan Kompetensi Dasar Ketrampilan untuk menyusun teks lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks . Sedangkan Kompetensi Dasar Pengetahuan diambil dari KD 3.2 sebagai berikut:

KD 3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaktif transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan menerima informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. ( unsur kebahasaan can, will )

Nah silahkan para murid menceritakan tentang apa saja yang bisa dilakukan dan tidak bisa lakukan, serta apa yang akan dilakukan dan tidak akan dilakukan dalam kehidupan sehari- hari. Boleh dalam bentuk monolog maupun dalam bentuk dialog yang berisi memberi dan menerima informasi baik yang dapat dilakukan maupun yang tidak bisa dilakukan ataupun baik yang akan dilakukan maupun yang tidak akan dilakukan. Silahkan bervariasi gunakan juga kalimat pertanyaan Can….? atau Will ….?

Untuk mengingat kembali penggunaan ” can” yang berarti dapat/ bisa, “can not” yang berarti tidak dapat/ tidak bisa, disingkat can’t. Kata Will yang berarti mau atau akan, sedangkan will not atau won’t berarti tidak akan atau tidak bisa. contoh:

  1. I can sing Indonesia Raya ( Saya dapat menjanyi lagu Indonesia Raya)
  2. You can not play a piano ( Kamu tidak bisa bermain piano)
  3. Can you help me, please? ( Dapatkah kamu membantuku?)
  4. We will go to Jakarta next week (Kita akan pergi ke Jakarta Minggu depan)
  5. The students will not do cheating (Para murid tidak akan berbuat curang)
  6. Will you accompany me to the canteen? ( Maukah engkau menemaniku ke kantin?)

Untuk respon dapat bervariasi, dapat menggunakan yang ada sesuai konteks atau yang umum misalnya:

  • Yes, I can.
  • No, I can’t
  • Yes, I will.
  • No, I won’t
  • OK
  • Alright.
  • Of course.
  • Sure.
  • Etc.

Mula-mula pikirkan /Tentukan salah satu tema pembicaraan, bebas sebagai judul. Baik monolog ataupun dialog minimal berisi 10 kalimat, lebih dari sepuluh kalimat lebih baik, lihat urutan isi monolog atau dialog dengan rincian sebagai berikut dibawah ini:

Judul bebas

Biasakan dimulai dengan Greeting ( uluk salam ) sebelum melakukan monolog atau dialog. (1-2 Kalimat)

Kemudian konten/ isi, bisa menggunakan : can , can not, will, will not, Will…?, Can…? sesuai tema yang sudah dipilih (content)=6 -8 kalimat

Selanjutnya monolog atau dialog diakhiri dengan pamitan/ penutup ( leave-taking/ closing )(1-2 kalimat)

Nah selamat berkreasi, segera kirim hasilnya disini KD 4.2 Kelas 8 melalui kolom komen dibawah ini.

Keep learning. Good luck

4 thoughts on “KD 4.2 Kelas 8”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *