Persiapan ASPD 2
English Corner

Persiapan ASPD 2

Persiapan ASPD 2 diambil dari soal Persiapan ASPD ( ASESMEN STANDARISASI PENDIDIKAN DAERAH) tingkat Kabupaten Bantul, tahun 2021, Paket 1. Jumlah soal 40 , waktu yang dialokasikan 100 menit, sudah mengacu pada kisi-kisi ASPD. Persiapan ini berarti Tes Pendalaman Materi (TPM) yang sudah biasa dilakukan oleh sekolah dalam menghadapi tes standarisasi.

Materi melingkupi :

  1. Greeting ( Ucapan selamat )
  2. Announcement (Pengumuman)
  3. Expressions (Ekspresi sebagai komunikasi sosial/ social function text)
  4. Advertisements ( iklan)
  5. Report Text (Teks Laporan)
  6. Descriptive Text ( Teks Diskriptif)
  7. Procedure Text (Teks Procedur)
  8. Recount Text ( Teks Cerita Pengalaman )
  9. Narrative Text ( Teks Cerita fiktif/ dongeng )
  10. Labels ( Label obat, makanan, minuman dll)
  11. Notice/ caution ( Himbauan, petunjuk, larangan / peringatan)
  12. Songs.( Syair lagu)

Tema bisa bermacam-macam variasinya yang melingkupi kebiasaan yang ada disekitar kita, yang mungkin dekat dengan kegiatan peserta didik . Baik kegiatan di dalam keluarga, di dalam sekolah, hubungan antar teman maupun kegiatan yang ada dimasyarakat sekitarnya. Untuk menambah kosa kata dan pengetahuan, peserta didik mendapatkan dari Teks Laporan atau Report Text dan Teks Naratif atau cerita. Dimana sering kali Teks -teks besar ini agak membutuhkan kejelian dalam memahami makna sesuai konteksnya. Sedangkan pada Teks naratif yang tujuannya menghibur bagi pembacanya, peserta didik harus bisa mengambil moral value atau pelajaran berharga dari cerita Naratif tersebut.

Silakan dikerjakan dengan jujur dan percaya diri karena dengan banyak berlatih soal -soal yang berbeda-beda, anak-anak akan semakin terampil menentukan pilihan jawaban yang tepat. Jika nilai masih belum mencapai Kriteria Kompetensi Minimal (KKM) 77. Silakan mengulang lagi mengerjakan dengan harapan sudah tahu mana yang salah dan bagaimana seharusnya yang benar, sehingga score nilai tentu akan lebih baik lagi dan memenuhi harapannya.

Tes ini merupakan proses menuju tujuan tes yang sesungguhnya yaitu tes standarisasi di setiap akhir semester atau akhir tahun ajaran. Maka anak-anak dipersilahkan bertanya, jika ada pertanyaan tentang kesulitan soal bisa ditanyakan di tempat komentar di bawah ini.

Keep staying at home, and Keep learning everything about English

Do these exercises Persiapan ASPD 2 below ? Good Luck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.