Tanggap Bencana Gempa

Tanggap Bencana Gempa

Tanggap Bencana Gempa itu apa ?

Tanggap Bencana Gempa adalah salah satu usaha memberikan informasi atau tindakan, baik itu bersifat pencegahan, penanggulangan, pendampingan ataupun terapi paska gempa. Tentang apa saja kegiatannya dan bagaimana bentuknya dan  tentang apa yang harus kita lakukan jika terjadi gempa bumi, itu tergantung bidang mana yang menjadi titik berat tujuan yang ingin dicapai. Dengan mengetahui tujuan dibentuknya gerakan itu, maka diharapkan bisa mengurangi kepanikan yang terjadi sehingga sadar untuk menyelamatkan diri dan orang lain. Hal ini bararti dapat mengurangi terjadinya korban yang disebabkan gempa bumi tersebut.

Karena ketidaktahuan seseorang untuk menyelamatkan diri jika terjadi gempa, membuat suasana kepanikan, kegaduhan, dan berbuat serampangan menyebabkan timbulnya banyak korban.  Maka  perlu bagi warga yang tempat hidupnya ditengarai sebagai daerah rentan gempa bumi, untuk  memiliki pengetahuan yang melekat seperti bagaimana seharusnya bila menghadapi gempa bumi. Apa saja yang harus dilakukan bila kita mengalami bencana tersebut.

Ada banyak macam usaha diantaranya mensosialisasikan lagu yang berisi langkah -langkah yang perlu dilakukan jika terjadi gempa bumi di tempatnya berada.

Contoh: Dalam suatu upacara bendera yang diadakan pada hari Senin, bapak kepala sekolah yang pada waktu itu bertindak sebagai pembina upacara dalam salah satu amanatnya adalah tentang  ‘Tanggap Bencana Gempa’.

Beliau tiba-tiba menyanyikan sebuah lagu, yang sebenarnya beliau tidak pernah menyanyi, tapi kali itu terdengar nada-nada lagu yang sangat sederhana sehingga mudah diingat , syairnya sebagai berikut.

Kalau ada gempa , lindungi kepala

Kalau ada gempa, nyusup bawah  meja

Kalau ada gempa, jauhilah kaca

Kalau ada gempa, lari ketempat terbuka

nada lagu bisa disesuaikan dengan syairnya seperti yang ada di lagu -lagu yang sudah dikenali umum

Cara menghapal dengan lagu seperti ini akan lebih mudah diingat sehingga sosialisasi cara menghadapi gempa dengan lagu Tanggap Bencana Gempa lebih efektif.

Anak-anak mulai Taman Kanak Kanak , Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama , Sekolah Menengah Atas, bahkan para mahasiswa serta orang tua dapat menerapkan lagu Tanggap Bencana Gempa sebagai sarana mengingatkan diri dan orang lain untuk menyelamatkan diri dan orang lain sehingga dapat meminimalisasi banyaknya korban.

Semangat berbagi informasi dan  berbuat kebaikan

 

 

Leave a Reply