Flora

Tanaman Hias Aglaonema

Tanaman Hias Aglaonema

Mengenal Aglaonema

Tanaman Aglaonema sering di sebut dengan nama tanaman Sri rejeki  di Indonesia. Jika menanam Tanaman Hias Aglaonema ini di lingkungan rumah dipastikan rejeki nya akan berlipat-lipat. Itulah makna nama Sri Rejeki , harapan setiap orang, pingin kaya dan banyak uang, sehingga bisa berbuat baik kepada lebih banyak orang lagi , indahnya dunia jika banyak orang bahagia dan baik hati. eee jadi bermimpi ya. Kembali kita berbicara tetang Aglaonema. tanaman ini termasuk tanaman hias.

Tanaman hias Aglaonema , Sri Rejeki ini banyak ditanam orang untuk dinikmati warna-warni daunnya yang indah, beraneka ragam dan sangat mudah pemeliharaannya. Disamping itu tanaman hias Aglaonema ini ada kontesnya atau dilombakan.

Jenis baru tanaman Aglaonema hasil persilangan buatan  yaitu Pride of Sumatera dan Donna Carmen.

Mereka memiliki semburat warna merah pada daunnya, padahal sebelumnya Aglaonema hanya memiliki warna kuning, hijau serta variegata (bercak-bercak warna atau kelainan warna pada umumnya). Sedangkan Bunga Aglaonema berwarna putih dengan seludang putih kehijau-hijauan. Bunga jantan yang sudah masak akan terlihat serbuk sarinya berwarna putih. Bunga Aglaonema muncul di ketiak daun. Bentuknya bulat lonjong, berwarna putih kehijauan ditopang batang yang memanjang. Bunga Aglaonema termasuk uniseksual, yaitu alat kelamin jantan dan betina terdapat dalam satu bunga.

 

Tanaman jenis ini berasal dari luar negeri, yaitu bertempat di Taiwan. Di tempat asal nya tersebut, tanaman ini banyak memiliki warna dan bentuk yang bermacam-macam.

Jenis Aglaonema dalam negeri dan luar negeri tidak jauh berbeda. Hanya corak nya saja yang membedakannya, tetapi corak ke dua nya tidak jauh berbeda, sekilas terlihat sama saja.

Warna-warna dari daun Aglaonema ini bermacam-macam, ada yang berwarna merah, hijau, kuning, kuning hijau, hijau merah, dan lain sebagainya. Begitulah keindahannya terletak pada warna dan corak daunnya.

Klasifikasi Tanaman Aglaonema

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

    Aglaonema Lokal
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  • Sub Kelas: Arecidae
  • Ordo : Arales
  • Famili: Araceae (suku talas-talasan)
  • Genus: Aglaonema
  • Spesies: Aglaonema crispum

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *