Narrative Text

Narrative Text

Narrative Text

Naratif berasal dari kata narasi yang memiliki makna pengisahan suatu cerita atau kejadian. Naratif adalah rangkaian kalimat yang bersifat narasi atau bersifat menguraikan (menjelaskan dsb, dalam makna lain naratif di katakan sebagai prosa yang subjeknya merupakan suatu rangkaian kejadian. naratif (narrative) setidaknya mengandung unsur judul (title), orientasi (orientation), komplikasi(complication), dan resolusi (resolution). Dalam bahasa inggris, naratif menggunakan past tense karena memang sifatnya yang menceritakan kejadian yang telah terjadi pada masa lampau. Dari sifatnya yang demikian, wajar saja bila siswa terkadang mendapatkan pemahaman yang tumpang tindih antara teks naratif dan recount. Untuk membedakan kedua jenis teks tersebut, siswa harus mampu memahami jalannya cerita. Naratif menceritakan kejadian atau peristiwa dalam runtutan waktu yang kompleks atau bahkan sering kali sangat kompleks(karena tujuannya untuk menghibur pembaca). Kisah yang diceritakan merupakan kisah tidak nyata, hanya hayalan penulis saja. Sedangkan recount merupakan teks yang menceritakan kejadian yang telah terjadi dengan runtutan waktu yang relatif sederhana, hal ini karena teks recount bertujuan untuk menjelaskan kejadian yang terjadi. Kejadian yang diceritakan dalam teks recount merupakan kejadian yang nyata terjadi. Narrative dalam english juga bisa diartikan sebagai sebuah jenis teks yang menceritakan sebuah cerita yang menggunakan past tense (Sumber wikipedia Indonesia)

Yang tergolong Narrative Text

  1. folk tale (dongeng)
  2. Myth( mitos)
  3. Fairy stories (Cerita yang bersifat fantastik atau penuh dengan keajaiban)
  4. Fables (Cerita tentang binatang yang biasanya digambarkan berprilaku seperti manusia)
  5. Legends (legenda)
  6. Romance (cerita percintaan)
  7. Mysteries ( cerita misteri)
  8. Science fiction (fiksi ilmu pengetahuan)
  9. Horror stories (cerita horor)
  10. Adventure stories (cerita petualangan)
  11. Historical narratives(cerita yang berhubungan dengan singgungan sejarah)
  12. Slice of life (cerpen)
  13. Personal experience (Cerita yang berupa pengalaman pribadi)

Generic Structure of Narrative Text

Generic structure narrative text merupakan beberapa tahapan yang biasanya digunakan dalam membuat sebuah cerita atau narrative teks.

Orientation

Pada bagian ini, merupakan bagian untuk pengenalan. Yaitu pengenalan cerita tentang apa (what is the story about), siapa (who is the participant of the story), dimana cerita itu terjadi (where is the place setting), dan kapan cerita itu terjadi (when is the time setting).

Complication

Bagian ini merupakan bagian yang memunculkan permasalahan atau konflik yang terjadi di dalam sebuah cerita teks naratif bahasa Inggris. Bagian Complication ini juga merupakan bagian paling inti dari sebuah cerita narrative teks.

Konflik yang terjadi di dalam cerita naratif teks tersebut dapat dibedakan menjadi:

– Physical Conflict

Merupakan permasalahan yang muncul karena adanya konflik secara kontak fisik atau segala sesuatu yang berhubungan dengan fisik.

– Natural Conflict

Merupakan permasalahan yang muncul karena pelaku dalam cerita berhadapan dengan kekuatan alam.

 – Social ConflictSosial konflik merupakan permasalahan yang muncul karena para pelaku di dalam cerita saling berhadapan dimana mereka bertemu pada saat yang bersamaan namun memiliki kepentingan yang berbeda.

– Psychological Conflict

Psikologikal konflik adalah permasalahan yang muncul saat pelaku dalam cerita itu berhadapan dengan dirinya sendiri. Hal ini biasanya terjadi ketika adanya pertentangan antara nilai baik dan buruk, sifat sombong dan rendah hati, sifat rakus dan tenggang rasa.

Resolution

Bagian ini merupakan sebuah solusi atau penyelesaian dari suatu konflik atau permasalahan yang ada di dalam cerita. Setiap permasalahan yang muncul dalam Narrative text harus memiliki penyelesaiannya. Penyelesaian tersebut bisa berupa akhir yang happy ending (menyenangkan) atau bisa juga berakhir sad ending (tragis atau menyedihkan).

Re-Orientation 

Bagian ini merupakan pernyataan untuk menutup sebuah cerita dan ini bentuknya hanya opsional saja. Pernyataan yang disampaikan pada bagian Re-orientation ini bisa berupa pelajaran moral, nasihat atau pelajaran berharga dari si penulis cerita.

Language Features

Language features pada naratif teks adalah sebagai berikut:

  • Pola kalimat yang digunakan biasanya berupa Simple Past Tense
  • Permulaan kalimat biasanya diawali dengan kata keterangan waktu (Adverbs of Time) seperti long time ago, once, one, once upon a time.
  • Banyak menggunakan kata penghubung waktu
  • Kadang-kadang terdapat dialog langsung antartokoh cerita.

Sumber dari berbagai sumber , klik  dibawah ini:

  1. https://youtu.be/yJXd1jM7HGU
  2. https://www.youtube.com/watch?v=ItN0t3ld-AM
  3. https://www.youtube.com/watch?v=BvtG-myN8Lo
  4. https://www.youtube.com/watch?v=TXXO9XvW_Kc
  5. https://www.youtube.com/watch?v=eBQ9IMj6ing
  6. https://youtu.be/Z_qOTmBMdjM
  7. https://youtu.be/O7t_yP6exoE
  8. https://youtu.be/TraWFb7KM84
  9. https://youtu.be/S8VzFgezMNw

NO 6 SD 9 ADALAH  CONTOH HASIL KARYA NARRATIVE TEXT 9A 2018 , SELAMAT BELAJAR ,GOOD LUCK

Leave a Reply