Apa Tandanya Kehidupan Kita Meningkat?

Apa Tandanya Kehidupan Kita Meningkat?

Kadang kita sering mengeluh ketika mendapatkan banyak kesibukan, entah kesibukan itu berkenaan dengan pekerjaan rutin kita atau kegiatan sosial , yang jelas kegiatan tambahan yang mungkin tidak langsung berhubungan dengan diri kita. Tak terasa kita sering merasa yang terlalu capeklah, terburu – buru, waktunya kurang, kenapa orang sekitar kita diam saja tidak membantu, sedih dan merasa sendirian, tertekan, rasanya mau menangis saja, mudah tersinggung, pingin marah dan sering uring – uringan dan sebagainya. Sedangkan orang disekitar kita  akan melihat kita seperti melihat monster saja, tidak ada senyum diwajahnya, nampak muram dan berkerut, mulut cemberut, tidak percaya diri, bingung, tidak ramah, tampak lebih tua dari umur sebenarnya, sikap yang kurang bersahabat, tidak peduli, cuek atau sebaliknya banyak komentar yang nggak perlu, terlalu cerewet, kasar, tidak rapi, kumuh, acak- acakan, tidak sedap dipandang. Nah jika itu berlangsung baik pendek atau lama waktunya seperti itu akan terjadi dampak yang sangat merugikan diri sendiri.

Kita sebagai mahkluk yang diciptakan oleh Tuhan baik adanya, baik sebagai individu maupun  sebagai mahkluk sosial yang tidak akan mungkin hidup sendirian di Bumi ini. Kalau sudah begitu bisa berdampak pada diri kita  dan orang lain  yaitu; kita menjadi tidak perhatian, tidak bersahabat, suka marah, tidak toleran, dijauhi teman, terganggunya hubungan baik dengan teman atau saudara, melukai perasaan orang lain, pekerjaan tidak selesai, hasil pekerjaannya tidak memuaskan, mendapat cap berkepribadian buruk, tidak dewasa, tidak dipercaya lagi, seabreg dampak social yang menakutkan. Jangan sampai pepatah bahasa ini terjadi, sudah jatuh tertimpa tangga, ini hal – hal buruk yang harus kita hindari.

Dalam keadaan seperti ini, kita perlu waktu sejenak entah itu dalam duduk sendirian atau sedang ada orang lain, tetapi yang jelas kita membutuhkan waktu untuk tenang, untuk sejenak merenungkan kembali tetang diri kita.  Mari kita mulai menelusuri diri kita dari awal kita berdikari, apa yang kita punyai waktu itu, apa yang kita harapkan waktu itu, siapa saja yang ada disekitar kita,lalu cobalah jawab  dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul. Kemudian kita bandingkan misalnya , tahun sebelumnya dengan tahun sesudahnya.

Senyum akan mengembang pastilah banyak yang sudah kita lakukan. Berarti semakin kita sibuk , semakin banyak tugas yang harus kita selesaikan , semakin kita banyak tanggung jawab yang harus kita tangani, itu artinya kita semakin tinggi level kita , semakin maju dan tumbuh berkembang kehidupan kita. Maka jangan mengeluh dan protes terus  karena itu konsekwensi kita untuk tumbuh maju dan berkembang. Nikmati dan perlakukanlah dengan gembira sebagai tantangan yang menuntun kita ke level kehidupan yang lebih tinggi.

Apa Tandanya Kehidupan Kita Meningkat? Sudah lah terjawab tidak perlu risau dan galau lagi tangani semuanya dengan cerdas dan bijaksana. Kembangkan senyum tebarkan dimana kita berada akan mengurangi tekanan keadaan disekitarnya.Karena tandanya kehidupan kita meningkat adalah semuanya akan meningkat juga baik itu kesibukannya, pergaulannya, tanggung jawabnya, waktu yang digunakan dalam sehari, bebannya, dan lain-lainnya.

Percayalah, jika kita bisa menyelesaikan perkara-perkara yang kecil dengan baik maka kitapun akan diberikan tugas yang lebih besar, perkara yang lebih besar. Tetaplah setia pada perkara-perkara kecil, dan tekunlah pada perkara yang besar.

Semoga sukses selalu

Mei 20, 2017

 

Leave a Reply