Unik

Suro Diro Joyoningrat Lebur dening Pangastuti

Suro Diro Joyoningrat Lebur dening Pangastuti merupakan suatu ungkapan bahasa jawa yang mempunyai makna filosofis yang amat dalam.
Ungkapan tersebut dijadikan suatu motivasi bagi kita dalam menapaki jenjang spiritual yang agung sebagai wacana dalam mengarungi samodra kehidupan.

*Suro*= keberanian bahwa dalam diri manusia sudah tersimpan benih- benih  sifat keberanian, terkadang sifat ini bermakna positif atau negatif. Ketika sifat berani lepas kendali maka seseorang bisa melakukan kejahatan ke-sewenang-wenangan dan angkara murka.

*Diro*= kekuatan, seiring dengan keberanian ada pula kekuatan yang di anugerahkan dari Yang Maha Kuasa pada diri manusia baik kekuatan lahir maupun batin yang luar biasa. Sama halnya dengan keberanian jika potensi kekuatan tidak terarah, maka akan lahir sikap angkara murka dan kedurjanaan.

*Joyo*= kejayaan, adalah hasil dari keberanian dan kekuatan baik positif atau negatif. Manakala seseorang sudah mencapai puncak kejayaannya dan lepas kendali nurani yang terjadi adalah seseorang tersebut menjadi sombong, congkak, angkara dan jauh dari nilai- nilai moral dan agama.

*Ningrat*= terpandang atau bergelimangan dengan nikmat dunia. Ningrat bisa di artikan sebagai kebangsawan atau seorang pejabat yang serba kecukupan dan senantiasa hidup dalam gelimang harta

*Lebur*= hancur, bisa diartikan sebagai hancur, sirna, tunduk atau menyerah dan kalah

*Dening*= dengan (kt sambung)

*Pangastuti*= kasih sayang, yaitu benih- benih kebaikan, baik dalam arti ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atau berbuat baik kepada sesama. Dengan demikian bentuk keangkara murkaan yang bertahta dalam diri manusia akan dapat dihilangkan/dikalahkan oleh sifat lemah lembut, kasih sayang dan kebaikan , Itulah artinya Suro Diro Joyoningrat Lebur dening Pangastuti

Petuah simbah : *jo sok kumalungkung, ayo do podo tresno tinresnan marang pepodho*
[ sugeng makaryo ] ????? 29 Maret 2017, inspirasi pagi, wa

1 thought on “Suro Diro Joyoningrat Lebur dening Pangastuti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *