Inspirasi Ajaran Bahasa Jawa

Salah satu teman saya, setiap pagi membuat pesan melalui WA, ke grup di HP. hal ini bisa menjadikan inspirasi ajaran bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Teman grup memanggilnya pak YUS ,,,dan aku selalu menyimpannya di note ,,,sehingga kapan-kapan bisa di baca kembali, ini sekarang aku ingin membaginya kepada teman-teman pembaca sekalian, sehingga bisa menambah wawasan dalam berbahasa Jawa sehari-hari.

AJI JAYA ENDHA

Kelihaian menghindar,ungkapan diatas pada mulanya hanya sebagai candaan. namun dalam perkembangannya menjadi sebuah , pepindhan atau perumpamaan, atau lebih tepatnya, ‘pasemon’, untuk menyindir- nyemoni-

makna ungkapan ‘aji jaya endha’ diatas sebagai sindiran  bagi orang yang selalu menghindar jika diserahi suatu  tugas dengan berbagai dalih.

menjelang tujuh belasan, dalam rapat pedukuhan, kang Mukidul banyak usul  yang muluk-muluk , tak lupa mengkritik pelaksanaan perayaan tujuh belasan tahun yang lalu. kang Mukidul memang pinter ngomong, sehingga peserta rapat mengangguk-angguk dibuatnya. peserta rapat akhirnya menunjuk Kang Mukidul sebagai ketua, namun dengan berbagai dalih, ia menolak. ‘ wah, mengeluarkan aji jaya endha’ komentar teman-temannya.

Bu Ribeth memang orang yang selalu sibuk mengurusi usahanya, mulai dini hari sampai malam hari. setiap harinya tidak ada waktu luang untuk kegiatan bermasyarakat, bahkan untuk anak-anaknya. setiap diajak untuk arisan PKK dan kegiatan yng lain, selalu saja ada alasan untuk menolaknya, aji jaya endha ia keluarkan.

petuah simbah: ‘ kabeh wong nduweni karibetane dhewe-dhewe, nanging yo ora sak lawase koq ribet terus ‘. Ini meng- Inspirasi Ajaran Bahasa Jawa yang sebaiknya dilestarikan oleh bangsa indonesia khususnya etnis Jawa.

WA 4 Maret 2017

Leave a Reply