Daun Salam
English Corner

Quiz Expressions 2 giving suggestions, stating rules, obligations

Quiz Expressions 2 giving suggestions, stating rules, obligations. Sebelum kita mengerjakan Quiz Expressions 2, sebaiknya kita tahu apa yang harus dilakukan dulu ( we know what to do). Maka kita akan belajar tentang bagaimana memberi saran ( giving suggestions ), menyatakan/ menegaskan peraturan dan kewajiban ( stating rules and obligations).

How to give suggestions ( bagaimana memberikan saran ). Kadang kita juga bingung membedakan saran dan nasehat ( advice) , pada dasarnya maknanya sama hanya ekspresi penyampaiannya berbeda saja disesuaikan dengan situasi. Kalau nasehat dirasa lebih menggurui atau merasa lebih tahu dalam konteks percakapan.    Kita bisa menggunakan beberapa contoh dibawah ini:

  1. should ( sebaiknya/ seharusnya), should not atau shouldn’t ( seharusnya tidak ) *  We have 2 tests tomorrow, English and IPS ( kita punya 2 tes besuk, Bahasa Inggris dan IPS). Saran : You should not go to the game. You should study for the tests (Kamu seharusnya tidak pergi ke permainan. Kamu sebaiknya belajar untuk menghadapi tes)*  I don’t know the meaning of ‘row’. ( saya tidak tahu artinya kata’row’). Saran: You should look it up in the dictionary yourself ( kamu seharusnya melihatnya sendiri dikamus) You should not depend on others all the time. ( Kamu sebaiknya jangan selalu tergantung pada yang lain).
  2. Suggest/ recommend ( menyarankan ).

* Santi suggests/recommend me to study harder for the final exam. ( Santi menyarankanku untuk belajar lebih giat dalam menghadapi ujian akhir).

* I suggested / recommended you to do more exercises in English Speaking.( Saya menyarankan kamu untuk             melakukan banyak latihan dalam berbicara bahasa Inggris)

3. I would be very grateful if you would…. ( Saya akan sangat berterima kasih jika anda mau ….)

* I would be very grateful if you would come to my birthday party. ( Saya akan sangat berterima kasih jika anda mau datang ke pesta ulang tahun saya).

* I would be very grateful if you would come to my house for dinner. ( Saya akan sangat berterima kasih jika anda mau datang ke rumah saya untuk makan malam).

4. How / what about V+ ing …? ( Bagaimana kalau ….?)

* How about going to cinema? ( Bagaimana kalau pergi ke Bioskop?)

* What about studying English together? ( Bagaimana kalau belajar bahasa Inggris bersama?)

Stating Rules and Obligations ( menyatakan Peraturan dan Kewajiban). Kita gunakan ‘must’ ( harus ) dan ( mustn’t atau must not ( jangan / dilarang). Must + Verb 1. atau Must  not + be + Kata sifat / Keterangan

* You must wear a uniform everyday. (Kamu harus memakai seragam setiap hari).

* We must keep our classroom clean and tidy. (Kita harus menjaga kelas kita bersih dan rapi)

* We must not litter. ( kita jangan/ dilarang mengotori )

* We mustn’t wear sandals, a T-shirt, or casual wear at any place and at any time during the school hours. (Kita dilarang memakai sandal, kaos, atau pakaian bebas/ santai dimanapun dan kapanpun selama jam-jam sekolah)

* We must not chat and talk very loudly in class. (kita dilarang ngobrol dan berbicara terlalu keras di kelas)

* We must not be noisy. ( kita dilarang ramai )

Demikian beberapa contoh ungkapan atau ekspresi memberi saran, menyatakan peraturan dan kewajiban dalam bahasa Inggris. Nah sekarang waktunya kita mencoba Quiz Expressions 2 giving suggestions, stating rules, obligations, dengan meng klik link di sini . atau langsung kerjakan dibawah ini. Enjoy learning, good luck.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *